Home > Uncategorized > >isbal dan sikap sombong

>isbal dan sikap sombong

>

Apa isbal itu ?

Isbal adalah: menurunkan kain atau lengan gamis atau ujung serban melebihi pergelangan tangan dan atau melebihi mata kaki.

Asma’ binti yazid ra. Berkata; ‘Adalah lengan baju Rasulullah saw hanya sampai pergelangan tangan.’ (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Kemudian apa hubungan isbal dengan sikap sombong ?

Orang yang sombong dikategorikan menjadi 2:

1. orang yang sombong dalam menolak kebenaran.

2. orang yang sombong untuk merendahkan orang lain.

Ibnu Umar ra. Berkata; ‘Ketika saya berjalan didepan Nabi saw, ketika itu kain saya agak rendah, Maka Nabi saw berkata; “Hai Abdullah ! tinggikan sarungmu, maka saya menaikkan”. Nabi saw berkata; “naikkan pula, maka saya naikkan. Kemudian selalu saya jaga sarung saya sebagaimana petunjuk Nabi saw itu.” Orang bertanya kepada Abdullah; ‘sampai dimana tingginya ?’ jawab Abdullah; ‘sampai tengah-tengah betis.’ (HR. Muslim)

Abu Hurairah ra. Berkata; Rasulullah saw bersabda; “SWT tidak akan melihat dengan rahmat dihari kiamat kepada siapa yang memakai (menurunkan) kainnya karena sombong. (HR. Bukhori dan Muslim)

Abu Sa’id Al Chudri ra. Berkata; ‘Rasulullah saw bersabda; ”Kain sarung seorang muslim sampai ketengah-tengah betis, dan tidak mengapa diantara itu dengan mata kaki. Dan yang dibawah mata kaki, maka itu bagian neraka. Dan siapa yang menurunkan sarung dibawah mata kaki karena sombong, Allah SWT SWT tidak akan melihat kepadanya.’ (HR. Abu Dawud)

Ibnu Umar ra. Berkata; ‘Bersabda Rasulullah saw; “Siapa yang menurunkan sarungmnya dibawah mata kaki karena sombong, maka Allah SWT tidak akan melihat kepadanya dihari kiamat.” Ummu Salamah bertanya; ‘Bagaimanakah bagi wanita ?’ Jawab Nabi saw;

“Diturunkan sejengkal.” Berkata Ummu Salamah; ‘Kalau demikian terlihat kaki mereka.’Sabda Nabi saw; “Direndahkan sehasta, tidak lebih dari itu.” (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi)

Abu Hurairah ra. Berkata; ‘Ketika seseorang sembahyang dengan kain yang dibawah mata kaki, maka Rasulullah saw berkata kepadanya; “Pergilah berwudhu’.” Dan sesudah berwudhu’ Nabi saw berkata pula; “Pergilah berwudhu’.” Maka seorang bertanya; ‘Ya Rasulullah saw, mengapakah kau suruh berwudhu’ kemudian setelah berwudhu’ engkau diamkan ia ?’ Jawab Nabi saw; “Dia telah sembahyang dengan kain (sarung) dibawah mata kaki, dan Allah SWT tidak menerima sembahyang seorang yang berkain dibawah mata kaki.” (HR. Abu Dawud)

Ibnu Umar berkata; Bersabda Rasulullah saw; “Siapa yang menurunkan kainnya dibawah mata kaki karena sombong, Allah SWT tidak akan melihat kepadanya dengan pandangan rahmat-Nya pada hari kiamat.” Maka Abu Bakar berkata; ‘Ya Rasulullah saw, kain saya selalu turun kebawah mata kaki kecuali jika saya jaga benar-benar.’ Nabi saw bersabda; “engkau tidak berbuat itu karena sombong.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Dari hadits diatas, dapat ditambahkan bahwa jika seorang wanita atau perempuan keluar dari rumahnya dengan membuka atau tidak menutupi auratnya, maka ia telah mendapatkan dosa meski bagaimanapun alasannya.

Dari Hadits diatas juga menerangkan, bukan berarti jika memakai kain yang tidak diturunkan tidak berdosa, tetapi jika ia melakukannya dengan sombong atau hal yang biasanya menununjukkan kesombongan maka ia juga akan mendapatkan dosa. Dan Allah SWT tidak akan melihat kepadanya dengan pandangan rahmat-Nya pada hari kiamat kelak.

Belajarlah untuk mengambil hikmah dari suatu materi sebagai bekal kita untuk menuju akhirat.

Karena itu hati-hatilah jika anda memaki pakaian, jangan sekali-kali diniatkan untuk pamer,gaya dan lain-lain yang biasanya menununjukkan kesombongan. Niatkanlah untuka mencari ridha Allah SWT.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: