Home > Uncategorized > >memaknai arti hidup (makna sikap pesimis)

>memaknai arti hidup (makna sikap pesimis)

>

Orang yang pesimis selalu memandang realita dengan kacamata negatif, dan menimbulkan masalah besar yang akan menjadi beban baru dalam kehidupannya.Terlebih lagi jika oaring pesimis memiliki pengalaman gagal dalam kehidupannya,maka kegagalan yang pernah dialami dianggapnya akan berulang kembali terhadap aktivitas baru yang akan dilakukan.

Orang pesimis biasanya lemah dan lamban dalam mensikapi keadaan,, mereka menghadapi situasi mudah dengan sikap yang sulit dinalar, dalam diri orang pesimis selalu muncul pertanyaan di antaranya (aku malu, aku takut, aku tidak bisa, aku nanti gagal, wah repot lagi, dll). Setiap melihat kenyataan maka yang muncul adalah pikiran-pikiran buruk yang dianggapnya sebagai kenyataan yang pasti akan terjadi, sehingga menyebabakan orang pesimis tidak ada keberanian untuk berbuat atau pun mengambil manfaat dari situasi dan keadaan yang dihadapi.

Jika pada suatu saat guru akidah meminta siswa untuk menghafal asmaul husna, maka bagi siswa yang pesimis akan menjadi beban bbaru dan menimbulkan kegelisahan. Mereka merasa tidak mampu dan akan dimarahi guru serta malu dihadapan kawan lainnya. Pikirannya berhenti sampai disini dan tidak dialirkan untuk menjadi motivasi menghafalkan asmaul husna yang ditugaskan. Akhirnya siswa yang pesimis tidak ada kemauan untuk menghafal karena dihantui pikiran buruk yang tidak terkendali. Mestinya berapapun banyaknya pikiran buruk yang muncul pada diri, kita harus menyadari bahwa itu semua dalam angan-angan yang harus dinetralisir yang cara berbuat untuk menghafal. Karena dengan cara melakukan kegiatan menghafal, akan dapat menggusur angan-angan yang buruk yang menghantui seseorang. Maka orang yang pesimis dianggap sebagai orang yang tidak realistis dalam melihat kenyataan. Bahaya sikap pesimis adalah akan dapat mengaburkan semua kemampuan ataupun potensi yang dimiliki manusia serta menghilangkan kesempatan yang sangat berarti dalam kehidupan, disamping itu sikap pesimis akan menumbuhkan sikap-sikap baru yang bertentangan dengan akhlak Islamiyah.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: