Home > Uncategorized > >mencari ilmu itu laksana …

>mencari ilmu itu laksana …

>
Rasulullah saw pernah bersabda bahwa: ilmu turun laksana air hujan yang jatuh ketanah, jadi bagaimana air tersebut turun jika tidak ada halangan untuk menuju tanah maka ia akan langsung sampai ketanah. Dan tanah itu adalah hati seorang manusia.
Manusia tidak akan dapat menyerap suatu ilmu jikalau ia banyak bermaksiat.
Seseorang yang telah mendapatkan sebuah ilmu, berarti dia telah memiliki keyakinan. Dan keyakinan tersebut dibagi menjadi tiga kategori:

1. Ilmul yakin, yaitu: keyakinan yang muncul dari pengetahuan. Tingkatannya adalah dia hanya sekedar tahu ilmu tersebut. Contoh: kita tahu tentang ilmu shalat, tetapi kita tidak mengamalkan atau mengerjakannya.

2. Ainul yakin, yaitu: keyakinan yang muncul dari pengindraan. Tingkatannya adalah dia mengerti ilmu tersebut. Contoh: kita tahu dan mengeri tentang ilmu shalat, kita pun mengamalkan atau mengerjakannya, tapi sering bolong-bolong.

3. Haqqul yakin, yaitu: keyakinan yang muncul dari pembenaran dan pembuktian. Tingkatannya adalah dia mengerti dan memahami ilmu tersebut. Contoh: kita tahu, mengerti dan memahami tentang ilmu shalat dan tidak ada rasa malas sedikitpun untuk mengamalkan atau mengerjakannya bahkan kita akan merasa berdosa apabila kita meninggalkannya.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: