Home > Uncategorized > >sambut Ramadhan

>sambut Ramadhan

>


PIDATO RASULULLAH SAW. MENYAMBUT RAMADHAN
Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah dari sahabat Salman Al Farisy ra. Yang mengatakan, Rasulullah saw. Berkhutbah dihadapan kami di akhir bulan sya’ban. Beliau bersabda:
“Wahai manusia, sesungguhnya kamu akan dinaungi oleh bulan yang senantiasa besar lagi penuh keberkahan. Yaitu bulan yang didalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Bulan yang Allah SWT telah menjadikan puasany sebagai kewajiban dan ‘qiyam’ dimalam hari sebagai suatu tathawwu’ (sunnah). Barang siapa mendekatkan dirinya kepada Allah SWT dengan seuatu pekerjaan kebajikan (sunnah), maka statusnya bagaikan mengerjakan perbuatan wajib di bulan lain. Dan barang siapa yang mengerjakan perbuatan wajib di dalam ramadhan, maka dia bagaikan mengerjakan tujuh puluh perbuatan wajib di bulan lain. Ramadhan adalah bulan sabar, dan sabar itu pahalanya adalah surga. Ramadhan itu adalah bulan memberi pertolongan dan bulan Allah SWT memberi rizki kepada orang mukmin. Siapa saja yang memberi makanan untuk berbuka pada bulan itu kepada orang yang berpuasa, maka amalnya itu akan menjadi pengampunan bagi dosanya, kemerdekaannya dari neraka serta ia mendapat pahala sebesar pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi pahala yang bersangkutan.”
Para sahabat bertanya: ‘Ya Rasulullah saw, tidaklah semua dari kami memiliki makanan berbuka bagi orang yang berpuasa ?’ Rasulullah saw bersabda: “Allah SWT memberikan pahala ini kepada siapa saja yang memberikan sebutir korma atau seteguk air atau sehirup susu. Dialah bulan yang permulaannya rahmad, pertengahannya ampunan dan akhirnya merdeka dari neraka. Barang siapa yang meringankan orang yang dikuasainya(hamba sahaya), niscaya Allah SWT mengampuni dosanya dan membebaskannya dari neraka. Karena itu perbanyaklah empat perkara di dalm bulan ramadhan. Dua perkara yang menyenangkan Tuhanmu dan dua perkara yang sangat kalian butuhkan.
Dua perkara yang bias menyenangkan Allah SWT adalah syahadat
Adapun dua perkara yang sangat kalian butuhkan adalah memohon surga-Nya dan perlindungan dari neraka-Nya.
Siapa saja yang memberi minum kepada orang yang berpuasa, niscaya Allah SWT memberi minum kapadanya dari air kolamku dengan suatu minuman yang dia tidak haus hingga masuk surga.”

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a comment