Home > Uncategorized > >Kajian : tentang tafakkur (bersyukur)

>Kajian : tentang tafakkur (bersyukur)

>

Al Fakih meriwayatkan dengan sanadnya dari Atha’, katanya: ‘Kami (Ibnu Umar , Ubaid dan aku masuk kerumah Siti Aisyah, sesudah uluk salam ditanya: Siapakah kalian? Jawab kami: Ibnu Umar dan Ubaid Umair, lalu katanya: Kenapa kalian Langka ziarah kemari? Jawab Ubaid: Karena tuntunan >”ziarahlah jarang-jarang, agar bertambah cinta”. Lalu Ibnu Umar berkata: Kami hentikan kelakar ini dan ceritakan tentang amalan Rasulullah saw yang sangat berkesan? Jawabnya: Sebetulnya, semua amalan beliau saw itu berkesan, tapi ada yang paling berkesan yaitu: “Pada suatu malam beliau masuk ketempat tidur dan merapatkan badannya dengan badanku, lalu bersabda: hai Aisyah, kau mengizinkan aku beribadah kepada Tuhanku? Jawabnya: Sungguh aku sangat senang berdekatan denganmu, tapi akupun tidak menolak kesenanganmu. Lalu Beliau bangun katempat wudhu’, tegak sambil menangis hingga air matanya membasahi pangkuannya, setelah selesai sholat berbaring miring kekanan meletakkan tangan kanan dibawah pipi kanannya, hingga air matanya membasahi tanah. Sesudah adzan subuh Bilal datang, Beliau saw tengah menangis ditanya: Kenapa ya Rasul, padahal Allah SWT telah mengampuni dosamu (terdahulu maupun mendatang) ? Jawabnya: Tidakkah aku wajib bersyukur dan kenapa tidak menangis, padahal, padahal semalam telah diturunkan kepadaku ayat sebagai berikut:
190. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,
191. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan Ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, Maka peliharalah kami dari siksa neraka.
Kemudian Beliau saw bersabda: “Celaka / rugilah orang yang membaca ayat ini tetapi tidak memikirkannya.”(Ali Imran: 190-191)
Kata Amir Qais: “Yang paling senang diakhirat yaitu orang yang paling lama menderita kesusahan didunia, dan yang paling banyak tertawanya diakhirat yaitu orang yang banyak menangis (didunia) karena takut Allah SWT, dan yang paling ikhlas imannya dihari kiamat yaitu orang yang sering memikirkan kejadian dunia ini.”
Hisyam Urwah dari ayahnya, Rasulullah saw bersabda: “Ketika syetan-syetan menggoda kamu, ia bertanya: siapa yang menciptakan langit? Jawabnya: Allah SWT. Lalu: siapa yang menciptakan bumi? Dijawab: Allah SWT. Kemudian yang menciptakan Allah SWT ? maka ketika merasa demikian segeralah berkata: Aku beriman kepada Allah SWT dan Rasul-Nya.”
Nabi saw bersabda:”Tafakkur sesaat adalah lebih utama dari pada ibadah setahun.” (Al Hadits)
Al Fakih menjelaskan: jika seseorang menghendaki keutamaan tafakkur, maka berfikirlah lima (5) perkara yaitu:
  1. Memikirkan bukti (tanda) kekuasaan Allah SWT , sebagaimana firman-Nya:
20. Dan di bumi itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang yakin.
21. Dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan? (Adz Dzariyaat: 20-21)
  1. Memikirkan ni’mat pemberian-Nya.
  2. Memikirkan pahala yang dijanjikan-Nya.
  3. Memikirkan hukuman dan siksa-Nya.
  4. Memikirkan hal-hal yang diridhai dan dimarahi oleh Allah SWT.
Al Fakih meriwayatkan dari Khaid Ma’dan: “Suatu hari Mu’adz bertanya kepada Rasulullah saw, bagaimana caraku (beramal) ? Jawab Beliau saw: ‘Hai Mu’adz, ikutilah sunnah (perjalanan) Nabimu, dan teguhkan keyakinanmu, sekalipun amalmu kurang (sempurna), hentikan lisanmu menggunjing saudaramu, ingatlah selalu akan dosa-dosamu, jangan kau pikulkan kepada orang lain (yakni) jika kau yang bersalah jangan lemparkan (tuduhan) kepada orang lain, dan sekali-kali jangan kau bangga-banggakan diri pribadimu dengan menjerumuskan (memburuk-burukkan) orang lain, dan jangan menyombongkan diri dengan menghina saudaramu (sesama muslim), dan jangan beramal karena riya’ (agar dipuji / disanjung-sanjung) orang.”
Sumber: Tanbihul Ghafilin Bab. 86 Tentang Tafakkur
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: