Home > Uncategorized > >SULITNYA MENJADI PEMIMPIN YANG DISEGANI

>SULITNYA MENJADI PEMIMPIN YANG DISEGANI

September 8, 2009 Leave a comment Go to comments

>


    Tema ini ahmad ambil setelah sebelumnya telah diberi nasehat oleh seorang guru (beliau adalah Ustadz. Ari guru PKN dikelasku). Beliau mulai memberi wejangan … lebih tepatnya Bab ‘kePEMIMPINan’. Aku tersadar karena mungkin posisiku sebagai seorang ketua OSIS atau lebih tepatnya -pemimpin-. Kesimpulan materinya kucatat dan kutulis dibawah ini:
Pemimpin mempunyai 2 kriteria :
  1. Pemimpin yang ditakuti.
  2. Pemimpin yang segani.
    Sangat mudah untuk menjadi pemimpin yang ditakuti oleh anggotanya, yang penting asal main tangan aja semua beres. Inilah kriteria pemimpin dictator, pemimpim seperti ini labih mengutamakan dirinya sendiri dari pada kepentingan anggotanya (sebut saja egoistis). Hampir semua anggota akan selalu bersikap manis kepadanya saat ia ada ‘ya Ustadz ? ya Ustadz ?’, tetapi ketika sang pemimpin itu telah berlalu maka ia akan bersikap lain dari sebelumnya ‘hh .. biarin aja mikir sendiri !’. Setiap anggota yang diberi amanat tidak akan bekerja untuknya dengan sepenuh hati sehingga banyak kesalahan dari apa yang dikerjakannya. Mungkin hal ini yang akan terjadi.
    Yang kedua adalah pemimpin yang disegani oleh anggotanya, sangat sulit menjadi yang demikian. Karena ia harus mau menerima resiko dari apa yang dilakukannya termasuk apa yang dilakukan oleh anggotanya. Ia akan senantiasa bertanggung jawab jika terjadi sesuatu yang berseberangan, tidak mudah menyalahkan anggota dan menutupi anggota yang salah, bukan berarti melindunginya.
    Seorang pemimpin yang disegani akan senantiasa barsikap baik dan sopan. Bahkan hanya sekedar senyum bisa membuatnya disegani, ia selalu dinanti dan senantiasa diharapkan kembali kebaikannya.Ia akan senantiasa dihormati baik saat berada dalam suatu forum atau diluar forum, baik ada maupun tidak ada.
    Seorang pemimpin yang ditakuti tidak akan pernah disegani oleh anggotanya, sebaliknya. Seorang pemimpin yang disegani maka ia akan ditakuti oleh aggotanya. [ cobalah berfikir, benar atau tidak ! ]
    Nah sekarang ingin menjadi seorang pemimpin yang bagaimakah kita ?
    Semoga ini bisa bermanfaat untuk saya pribadi dan kita semuanya.
    You have more article, send to my e-mail: taqiyudin22@yahoo.com
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: