Home > Uncategorized > >Yaa Allah ……….

>Yaa Allah ……….

November 11, 2009 Leave a comment Go to comments

>

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. beri ma’aflah Kami; ampunilah Kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, Maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” (Qs. Al-Baqarah: 286)

Ya Allah, berikan aku nilai yang baik, panjang umur, kesehatan, harta yang melimpah, mobil mewah, otak yang tokcer, …bla…bla…bla… pernah buka kita berdo’a seperti itu?

Pernah mencoba menghitung, mengingat-ingat atau bahkan mencatat berapa kali kita berdo’a ? dalam seminggu, sebulan, setahun ??

Do’a … sepintas memang ringan, namun sudahkah kita benar-benar memahami esensi do’a yang terkadang kita melupakannya. Teramat sombong orang yang mengatakan saya tidak pernah berdo’a, males, bosen, capek toh tidak pernah dikabulkan ma Allah. Padahal do’a adalah salah satu manisfestasi bahwa seseorang merasa lemah, hina, tidak punya kuasa dihadapan Rabb nya, yakni Allah dan senantiasa membutuhkan pertolongannya.

Imam Bukhari meriwayatkah hadits: “Siapa saja yang tidak meminta kepada Allah, maka Allah akan murka kepadanya.”

Bagi seorang muslim do’a memiliki kekuatan tersendiri, kayakinan bahwa dirinya adalah manusia yang serba memiliki keterbatasan dan tidak berdaya, sehingga dengan berdo’a meminta kepada Allah atas kebaikan dirinya. Berdo’a merupakan hal yang sunnah dan disukai oleh Allah.

* Imam Ibnu Majah meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah ra. Rasulullah saw bersabda: “Tiada sesuatu yang lebih mulia dalam pandangan Allah selain do’a.”

* Dari Ibnu Umar ra, Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya do’a memberikan manfaat terhadap sesuatu yang telah terjadi maupun yang belum terjadi, maka lakukanlah do’a.”

* Imam Ahmad meriwayatkan hadits dari Abi Said ra secara ma’fu: “Tiada seorang muslim-pun yang berdo’a keapda Allah dengan do’a yang tidak mengandungemaksiatan dan memutus hubungan silaturrahim, kecuali Allah akan memberinya satu diantara 3 hal: dikabulkan do’anya, ditangguhkan hingga hari kiamat atau dijatuhkan dari sesuatu keburukan yang serupa.”

* Imam Tirmidzi meriwayatkan hadits dari Anas ra; “Do’a adalah otaknya ibadah.”

Allah SWT berfirman; “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang aku, Maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Setelah tahu begitu banyak keutamaan do’a, maka janganlah ragu-ragu untuk sering-sering berdo’a dalam keadaan sedih maupun senang dimanapun kita berada terlebih ketika kita dalam keadaan berpuasa, dianiaya, dalam perjalanan. Karena insya-Allah do’a kita akan lebih dikabulkan oleh Allah kecuali do’a-do’a yang mengandung keburukan dan maksiat karena Allah tidak akan mengabulkan do’a yang mengandung keburukan dan maksiat.

Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? apakah disamping Allah ada Tuhan (yang lain)? amat sedikitlah kamu mengingati(Nya). (QS. An-Naml: 62)

Sumber : buletin islam ‘Ar-Rayan’ (edisi 18/sya’ban 1430 H / Juli 2009 M )

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: